POLITIK IDENTITAS DAN PARTISIPASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL: ANALISIS MODEL STRUKTURAL PADA GENERASI Z DI KOTA MALANG

  • Harun Harsono Panwaslu Kecamatan Klojen Kota Malang
Keywords: Politik identitas, Partisipasi politik, Media sosial, Gen Z

Abstract

Politik identitas menyebabkan kecenderungan perilaku agresif dan kontroversi para pengguna media sosial, terlebih jika dikaitkan dengan isu pergantian kepemimpinan dalam pemilihan umum. Penelitian ini berfokus pada peran politik identitas dalam pengaruhnya dengan partisipasi politik di media sosial.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kuantitatif uji asosiatif. Responden dipilih secara Incidental Sampling menggunakan Google Form yang melibatkan 142 mahasiswa generasi Z di kota Malang, Jawa Timur. Peneliti menggunakan dua alat ukur, Skala Partisipasi Politik Media Sosial dan skala identitas sosial. Analisa dilakukan terhadap empat model struktur menggunakan program smartPLS untuk menguji pengaruh politik identitas dan empat dimensi partisipasi politik yaitu; keterlibatan laten, keterlibatan pengikut, keterlibatan kontra, dan keterlibatan ekspresif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa politik identitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan kontra (R=0.172, P Value=0.021). Hal ini bermakna bahwa semakin tinggi politik identitas responden, maka akan merangsang seseorang untuk bertindak kontra produktif, melanggar privasi, dan berbuat kontroversi di media sosial. Penelitian dimasa depan perlu untuk memberikan rumusan edukasi masyarakat yang tepat agar pengguna media sosial dapat mengawal perilaku ekstrim berdasarkan politik identitasnya. Sehingga, partisipasi politik di media sosial akan menjadi lebih bijak dan positif.

References

Andrea, B., Gabriella, H. C., & Tímea, J. (2016). Y and Z generations at workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Astuti, F., & Partini. (2019). The Hate Speech Behavior of Teenagers on Social Media Instagram. International Summit on Science Technology and Humanity (ISETH2019), 1(1), 252–259.

Azwar, Saifuddin. (2012). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bennett, W. L. (2012). The Personalization of Politics: Political Identity, Social Media, and Changing Patterns of Participation. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 644(1), 20–39. https://doi.org/10.1177/0002716212451428

Choi, J., Lee, J. K., & Metzgar, E. T. (2017). Investigating effects of social media news sharing on the relationship between network heterogeneity and political participation. Computers in Human Behavior, 75, 25–31. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.05.003

Fernandes, A. (2018). Politik Identitas dalam Pemilu 2019 : Proyeksi dan Efektivitas. Centre For Strategic And International Studies, 1(1), 1–10.

Haboddin, M. (2012). Menguatnya Politik Identitas Di Ranah Lokal. Journal of Government and Politics, 3(1), 109–126. https://doi.org/10.18196/jgp.2012.0007

Hair, J. ., Hulf, G. T. ., Ringle, C. M., & Sarstedt. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In J. . Hair (Ed.), SAGE Publications (Second Edi). https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.002

Hanan, D. (2020). Identity Politics in The 2019 Indonesian General Elections: Its Significance and Limitation. Jurnal Wacana Politik, 5(1), 15–25.

Harlow, S. (2013). It was a “Facebook revolution”: Exploring the meme-like spread of narratives during the Egyptian protests. Revista de Comunicación, 12(1), 59–82.

Hasfi, N. (2019). Komunikasi Politik Di Era Digital. Politika, Jurnal Ilmu Politik, 10(1), 93–111.

Herdiansah, A. G. (2017). Politisasi Identitas dalam Kompetisi Pemilu di Indonesia Pasca 2014. Jurnal Bawaslu, 3(2), 169–183.

Howard, P. N., & Parks, M. R. (2012). Social Media and Political Change: Capacity, Constraint, and Consequence. Journal of Communication, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.2012.01626.x

Indrawan, J., Rosa, A. J., Ilmar, A., & Nathanael, G. K. (2021). Partisipasi Politik Masyarakat di Era Politik Siber. Journal of Political Issues, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.33019/jpi.v3i1.44

Ismaya, L., & Sugiyantica, R. (2014). Kampanye Hitam Di Jejaring Sosial Dalam Pemilihan Umum Presiden Dan Wakil Presiden 2014 Sebagai Sebuah Kejahatan Mayantara Dan Pencemaran Nama Baik Dalam Kitab Undang- Undang Hukum Pidana ( Kuhp ) Dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun. Recidive (Jurnal Hukum Pidana Dan Penanggulangan Kejahatan), 2(3), 238–245. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/recidive/article/view/32706

Juditha, C. (2018). Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation (Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya). Journal Pekommas, 3(1), 31. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030104

Kaplan, E. B. (2020). The Millennial/Gen Z Leftists Are Emerging: Are Sociologists Ready for Them? Sociological Perspectives, 63(3), 408–427. https://doi.org/10.1177/0731121420915868

Katz, R., Ogilvie, S., Shaw, J., & Woodhead, L. (2021). Gen Z, Explained The Art of Living in a Digital Age. In Nucl. Phys. (First Edit, Vol. 13). Chicago and London: The University of Chicago Press.

Kim, H., Kim, Y., & Lee, D. (2020). Understanding the Role of Social Media in Political Participation: Integrating Political Knowledge and Bridging Social Capital From the Social Cognitive Approach. International Journal of Communication, 14(1), 4803–4824.

Klandermans, P. G. (2014). Identity Politics and Politicized Identities: Identity Processes and the Dynamics of Protest. Political Psychology, 35(1), 1–22. https://doi.org/10.1111/pops.12167

Maarif, A. S. (2010). Politik Identitas dan Masa Depan Pluralisme Kita by Ahmad Syafii Maarif (z-lib.org).pdf (Cetakan I; I. A. Fauzi & S. R. Panggabean, Eds.). jakarta Selatan: Pusat Sutdi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Yayasan Wakaf Paramadina.

Mubarok, H. (2018). Demokrasi , Politik Identitas , dan Kohesi Sosial : Peluang dan Tantangan Strategi Dakwah untuk Menghalau Provokasi Politik di Indonesia Democracy , Identity Politics , and Social Cohesion : Opportunities and Threats of Dakwah Strategy in Countering Polit. Jurnal Bimas Islam, II(II), 365–400.

Nasrudin, J., & Nurdin, A. A. (2019). Politik Identitas Dan Representasi Politik (Studi Kasus pada Pilkada DKI Periode 2018-2022). Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v1i1.4260

Neofotistos, V. P. (2020). Macedonia and identity politics after the prespa agreement. In Macedonia and Identity Politics After the Prespa Agreement. https://doi.org/10.4324/9780367808761

Nugraheny, D. E. (2023). Survey Litbang Kompas: Gen Z Lebih Ingin Memilih Capres Saja di Pemilu 2024. Kompas. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2023/02/27/11571551/survei-litbang-kompas-gen-z-lebih-ingin-memilih-capres-saja-di-pemilu-2024

Nurul F, A., Nurhadi, N., & Pranawa, S. (2020). Konflik dan Ujaran Kebencian di Twitter (Studi Tentang Hashtag #2019TetapJokowi and #2019GantiPresiden Periode Januari-Februari 2019). Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 132. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16083

Okezone. Peretasan Akun Twitter dan Whatsapp Ramai Jelang Pemilu. 2019.https://techno.okezone.com/read/2019/04/04/207/2038985/peretasan-akun-twitter-dan-whatsapp-ramai-jelang-pemilu. Diakses pada 20 April 2023

Putri Yolanda, H., & Halim, U. (2020). Partisipasi Politik Online Generasi Z Pada Pemilihan Presiden Indonesia 2019. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 30–39. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1381

Rile, C., & Watson, R. (2010). Identity and Political Theory. The Politics of Identity After Identity Politics, 33(9), 1–22.

Sandrawati, N. A. (2022). Antisipasi Cybercrime dan Kesenjangan Digital dalam Penerapan TIK di KPU. Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia : Electoral Governance, 3(2), 232–257.

Siregar, F. E. (2020). The Role of the Elections Supervisory Agency to Contend Hoax and Hate Speech in the Course of 2019 Indonesian General Election. Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 158–180. https://doi.org/10.22304/pjih.v7n2.a2

Sosiawan, E. A., & Wibowo, R. (2020). Kontestasi Berita Hoax Pemilu Presiden Tahun 2019 di Media Daring dan Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 133. https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3695

Tania, S., Widagdhaprasana, M., Purwaningtyas, M. P. F., & Niam, M. (2019). Pemuda, Diaspora Dan Penggunaan Media Baru Dalam Gerakan Sosial Sabangmerauke. J-Ika, 6(2), 69–82. https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6408

Tully, J. (2012). Identity Politics. Rethinking Women’s and Gender Studies, 1(1), 517–533. https://doi.org/10.4324/9780203134719-21

Turner, A., & Turner, A. (2018). Generation Z : Technology and Social Interest. The Journal of Individual Psychology, 71(2), 103–113.

Waeterloos, C., Walrave, M., & Ponnet, K. (2021). Designing and validating the Social Media Political Participation Scale: An instrument to measure political participation on social media. Technology in Society, 64(December 2020), 101493. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101493

Warburton, E. (2020). Deeping Polarization and Democratic Decline in Indonesia. In T. Carothers & A. O’Donohue (Eds.), Political Polarization in South and Southeast Asia Old Divisions, New Dangers (First Edit, pp. 25–39). Washington D.C: Carnegie Endowment For International Peace.

Wardhani, P. S. N. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407

Wolin, J. K. (2020). Political Engagement on Social Media. University of Colorado at Boulder.

Yolanda, H. P., & Halim, U. (2020). Partisipasi Politik Online Generasi Z Pada Pemilihan Presiden Indonesia 2019. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 30–39. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1381

Published
2023-05-20
How to Cite
HarsonoH. (2023). POLITIK IDENTITAS DAN PARTISIPASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL: ANALISIS MODEL STRUKTURAL PADA GENERASI Z DI KOTA MALANG. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 4(2), 166-187. https://doi.org/10.46874/tkp.v4i2.752