MANAJEMEN DISTRIBUSI LOGISTIK PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE TAHUN 2017

  • Franky Gilbert Nainggolan 081345095799
Keywords: Manajemen, Distribusi, Logistik

Abstract

Salah satu aspek penting bagi keberhasilan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terletak pada keberhasilan penyelenggara Pilkada dalam menyiapkan logistik Pilkada di dalam suatu kegiatan manajemen logistik. Berjalannya kegiatan logistik tentu saja didukung oleh komponen-komponen yang ada dalam sistem logistik meliputi struktur fasilitas, transportasi, pengadaan persediaan, komunikasi, penanganan dan penyimpanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen distribusi logistik Pilkada Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang fokus pada komponen-komponen sistem logistik. Hasil penelitian ini diperoleh struktur fasilitas dalam mendistribusikan logistik, mulai dari gudang KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe kemudian ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), kurangnya ketersediaan sarana transportasi di PPK dan PPS di daerah-daerah kepulauan, dan kurangnya ketersediaan gudang logistik yang representative di PPK. Transportasi yang digunakan adalah truk, pickup, kapal pajeko dan pumpboat, kurangnya ketersediaan moda transportasi yang handal untuk mendistribusikan logistik dipengaruhi kondisi cuaca, dan kapal-kapal digunakan oleh pihak lain untuk kampanye, menyebabkan keterlambatan pendistribusian. Pengadaan persediaan dilakukan melalui e-tendering/e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan barang Jasa Pemerintah (LKPP) dan pengadaan langsung, beberapa item logistik yang pengadaannya terlambat, ada beberapa item logistik yang tidak lengkap halaman dan jumlahnya, dan kedatangan logistik dari penyedia tidak bersamaan menyebabkan pengepakan dan penyimpanan logistik menjadi terlambat pada akhirnya menyebabkan terlambatnya jadwal distribusi. Tidak tersedianya logistik pengaman sebagai cadangan juga menyebabkan ketidakpastian sistem logistik yang menyebabkan terlambatnya pendistibusian logistik. Kurangnya komunikasi menyebabkan moda transportasi tidak tersedia dan terlambatnya pengadaan persediaan yang akhirnya terlambatnya pendistribusian logistik. Penanganan dan penyimpanan logistik dilakukan dari menerima, menyortir, melipat kertas suara, mengeset formulir, dan mengepak logistik kedalam kotak suara, ada beberapa item logistik yang pengadaannya terlambat, menyebabkan terlambatnya kegiatan pengepakan akhirnya menyebabkan jadwal pendistribusian logistik terlambat.

References

Aslichati, Lilik., Prasetyo, Bambang dan Prasetya, Irawan. 2010. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Universitas Terbuka.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 4, Surabaya: BPFE.

Bowersox, Donald J. 2002. Manajemen Logistik, Integrasi Sistem Manajemen Distribusi Fisik dan Manajemen Manajerial. Edisi 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Bowersox, Donald J. Closs, David J. Cooper,. M. Bixby. 2002. Supply Chain Logistics Manajement. Irwin: McGraw-Hill.

Dwiantara, Lukas dan Sumarto, Rumsari Hadi. 2004. Manajemen Logistik Pedoman Praktis Bagi Sekretaris dan Staf Administrasi. Jakarta: Gramedia.

Ghiani, Gianpaolo. Laporte, Gilbert. Musmanno, Roberto. 2013. Introduction to Logistics Systems Planning and Control. 2nd edition New York: John Wiley and Sons Ltd.

Harrison, Lisa. 2009. Metodologi Penelitian Politik. Jakarta: Kencana.

Heizer, Jay & Barry Render. 2009. Manajemen Operasi. Diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono. Edisi Sembilan Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Kamaluddin. 2003. Ekonomi Transportasi,: Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan Hendra Teguh, Dan Ronny A. Rusli. Jakarta: Prenhallindo.

___________, 1993, Marketing Esentials. New Jersey: Prentice Hall Inc, Terjemahan Purwoko, Herujati. Marketing. Jakarta: Erlangga.

KPU, 2017. Penyelenggaraan Pilkada 2015 dan 2017. Jakarta: KPU.

Kusumastuti, Dyah, Sugiama, A. Gima dan Sudiarto, A. Edi, 2014. Manajemen Logistik Organisasi Publik. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

LP3ES, 2014. Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi Sosial. Laporan Evaluasi Pemilu 2014. Jakarta: LP3ES.

Mahsun, Mohamad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada

RI, Peraruran KPU Nomor 6 Tahun 2015 tentang Norma, Standar Kebutuhan Pengadaan Dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

RI, Peraruran KPU 11 Tahun 2016 tentang Perubahan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2015 tentang Norma, Standar Kebutuhan Pengadaan Dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Rushton, Alan., Croucher, Phil, & Baker, Peter. 2010. The Handbook of Logistics & Distribution Management. Great Britain: Kogan Page Limited.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Siagian, Sondang P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Stanton, William. J. 1984. Fundamental of Marketing, Tokyo: Mc.Graw-Hill Book. Terjemahan Sundaru, Sadu.1991. Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Subagya, M.S. 1996. Manajemen Logistik, Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sonta, FM. 2011. Panduan Logistik Indonesia, Jakarta: PPM Manejemen.

Warman, John. 2012. Manajemen pergudangan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Jurnal dan Penelitian Terdahulu

Chandra, Afridel. 2013. Analisis Kinerja Distribusi Logistik Pada Pasokan Barang Dari Pusat Distribusi Ke Gerai Indomaret di Kota Semarang. Jurnal Institusional Repository. Hal. 15-24. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fadli, Ainur Mansururi, 2014. Efektifitas Distribusi Fisik dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada CV. Agrotama Gemilang Kota Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 7 No. 1, Malang: Universitas Brawijaya.

Perbrianti, 2015, Manajemen Logistik Pada Gudang Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabelota Kabupaten Donggala. E-Journal Katalogis Volume 3 Nomor 7 hal 127-138. Palu: Universitas Tadulako.

Roni, Hamda dan Puspita, Syifa, 2014. Pengaruh Distribusi Fisik Terhadap Kepuasan Customer Pada PT. Beton Elemenindo Perkasa. Jurnal Indonesia Membangun Vol 13, No 1. Bandung: STIE INABA

Sutanto, Michelle Ribka dan Sumarauw, Jacky S. B. 2014, Evaluasi Kinerja Sistem Logistik Pada Perusahaan Vulkanisir UD. Sumber Ban, Tateli. Jurnal EMBA Vol.2 No.3, Hal. 588-596, Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Published
2020-05-03
How to Cite
NainggolanF. G. (2020). MANAJEMEN DISTRIBUSI LOGISTIK PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE TAHUN 2017. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.46874/tkp.v1i2.21