GENERASI Z DALAM PEMILU: POLA BERMEDIA GENERASI Z DALAM PENCARIAN INFORMASI POLITIK

  • Nona Evita Universitas Multimedia Nusantara
Keywords: Generasi Z, media, informasi politik

Abstract

ABSTRAK

Generasi Z merupakan salah satu generasi yang disasar pada Pemilu 2024. Salah satu agenda penyelenggara pemilu adalah melakukan pendidikan politik bagi pemilih Generasi Z. Penelitian sebelumnya memberikan gambaran tentang preferensi partai politik Generasi Z namun belum ada penelitian yang memberikan gambaran luas tentang pola bermedia Generasi Z khususnya dalam pencarian informasi seputar kepemiluan. Penelitian ini memberikan gambaran pola bermedia Generasi Z dalam pencarian informasi politik dan pemilu. Tujuan dari penelitian ini agar penyelenggara maupun partai politik peserta pemilu mendapatkan gambaran pola bermedia Generasi Z sehingga pemilihan media dan pengemasan informasi menjadi tepat sasaran. Dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode survei dengan total responden sebanyak 802 Generasi Z. Data kuantitatif ini kemudian disempurnakan dengan wawancara mendalam sebanyak 19 Generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meski tidak menjadi preferensi utama, generasi ini tetap mengakses informasi seputar politik. Media sosial menjadi tempat utama mereka mencari informasi politik. Konsumsi informasi seputar politik sifatnya insidental dan rentang perhatian hanya 8 detik. Meski rentang perhatian singkat, Generasi Z menganggap serius nilai seperti keaslian, reputasi, dan kredibilitas. Temuan ini menjadi masukan agar penyelenggara dan peserta dapat mengemas informasi seputar politik dan kepemiluan dengan ringan, mengedukasi, menghibur dan tentunya memiliki visual yang menarik.  

References

Annur, C. M. (2022a). Kepemilikan Ponsel di Indonesia Melonjak 68% dalam 1 Dekade Terakhir . Databoks.Katadata.Co.Id.

Annur, C. M. (2022b). Survei: Pecandu Internet Terbanyak dari Kalangan Gen Z. Databoks.Katadata.Co.Id.

Bandura, A. (2001). Social cognitive theory of mass communication. Media Psychology, 3(3), 265–299.

Blumler, J. G., & Katz, E. (Eds.). (1974). The uses of mass communications: Current perspectives on gratifications research. Sage Publications .

Bryant, J., & Oliver, M. B. (2008). Media Effects: Advances in Theory and Research. Routledge, Taylor& Francis Group.

Derakhshan, H., & Wardle, C. (2017). Information Disorder: Toward an Interdisciplinary Framework for Research and Policy Making. Council of Europe Report DGI . https://rm.coe.int/information- disorder-toward-an-interdisciplinary-framework-for-researc/168076277c

Dijk van, J. (2006). The network society, Social aspects of new media. Sage Publications.

Dimock, M. (2019). Defining generations: Where Millennials end and Generation Z begins. Pew Research Center . https://www.pewresearch.org/short-reads/2019/01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins/

Drolet, G. (2019). Gen Z Is the Generation Most Stressed Out by Politics. Teen Vogue.

Eginli, A. T., & Tas, N. O. (2018). Interpersonal Communication in Social Networking Sites: An Investigation in the Framework of Uses and Gratification Theory. Online Journal of Communication and Media Technologies , 8(2), 81–104.

Evita, N., Prestianta, A. M., & Asmarantika, R. A. (2023). Patterns of Media and Social Media Use in Generation Z in Indonesia . Jurnal Studi Komunikasi , 7(1), 195–214.

Finaka, A. W. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Makin Tinggi . Indonesiabaik.Id.

Flaherty, L. M., Pearce, K. J., & Rubin, R. B. (1998). Internet and face‐to‐face communication: Not functional alternatives. Communication Quarterly, 46(3), 250–268.

Gustafsson, N. (2012). The subtle nature of Facebook politics: Swedish social network site users and political participation. New Media & Society , 14(7), 1111–1117.

Gusvi, F., & Saputri, D. (2021). Akselerasi Adaptasi Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Pandemi Covid-19, Sebagai Peluang Peningkatan Sektor Ekonomi Dan Bisnis Melalui Digitalisasi Strategi Bisnis. Jurnal Bonanza: Manajemen Dan Bisnis , 2(1), 1–13.

Hamonongan, A. J., Fauzias, A. A., & Arlington, P. (2022). Tingkat Partisipasi Pemilih dan Pengambilan Kebijakan di Indonesia . Sekretariat Kabinet Republik Indonesia . https://setkab.go.id/tingkat-partisipasi-pemilih-dan-pengambilan-kebijakan-di-indonesia/

Joe, R. and O. L. (2023). As Gen Z gains major spending power, brands like Sephora and The Knot are rethinking their marketing strategies beyond millennials. https://www.businessinsider.com/marketers-shift-focus-from-millennials-to-gen-z-2023-8

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. (2023). Podcast KPU RI Episode 49, Zek-Mafindo: Prebunking Hadapi Hoax Pemilu??? https://www.youtube.com/watch?v=h7WETLti8WA

Lee, A. J. (2004). Effects of Visual Representation on Social Influence in Computer Mediated Communication Experimental Tests of the Social Identity Model of Deindividuation Effects. Human Communication Research, 30(2), 234–259.

Li, D. C. (2011). Online social network acceptance: a social perspective. Internet Research, 21(5), 562–580.

Maudisha. (n.d.). Generasi Z Cepat Menyerap Keterampilan Digital, Namun Sangat Perlu Didampingi Guna Capai Ranah Budaya Digital. Retrieved August 28, 2023, from https://www.ui.ac.id/generasi-z-cepat-menyerap-keterampilan-digital-namun-sangat-perlu-didampingi-guna-capai-ranah-budaya-digital/

Misinformasi Sebabkan Hoax, Ini Pesan Ketua PP Muhammadiyah. (2018, November). http://www.suaramuhammadiyah.id/2018/11/26/misinformasi-sebabkan- hoax-ini-pesan-ketua-pp-muhammadiyah/

Muhamad, N. (2023). KPU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/kpu-pemilih-pemilu-2024-didominasi-oleh-kelompok-gen-z-dan-milenial

Nurhasim, M. (2023). 2024: Pemilu Kita Masa Depan Kita, Memaknai Pemilu Lintas Generasi.

Petric, G., Petrovcic, A., & Vehovar, V. (2011). Social uses of interpersonal communication technologies in a complex media environment. European Journal of Communication, 26(2), 116–132.

Rakhman, Moh. A., & Haryadi. (2019). Perilaku dan Partisipasi Politik Generasi Z. JISIP, UNJA, 3(1), 29–40.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya .

Renckstorf, K., McQuail, D., & Jankowski, N. (Eds.). (1996). Media Use as Social Action: A European Approach to Audience Studies. John Libbey.

Robin, P., Alvin, S., & Hasugian, T. (2022). Gen-Z Perspective on Politics: High Interest, Uninformed, and Urging Political Education. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 11(3).

Rosadi, B., Darmawan, C., & Anggraeni, L. (2020). The Influence Of Political Message On Social Media For Increasing The Political Literacy Of Millenial Generation. Jurnal Civicus , 20(1), 26–30.

Stafford, T. F., Stafford, M. R., & Schkade, L. L. (2008). Determining uses and gratifications for the internet. Decision Sciences, 35, 259–288.

Wang, Q., Myers, M. D., & Sundaram, D. (2013). Digital Natives und Digital Immigrants. Wirtschaftsinf , 55, 409–420.

Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why People Use Social Media: A Uses and Gratifications Approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362–369.

Wittel, A. (2001). Towards a network sociality. Theory, Culture and Society, 18(6), 31–50.

Wolfsfeld, G., Yarchi, M., & Samuel-Azran, T. (2015). Political Information Repertoires and Political Participation. New Media & Society , 18(9), 1–20.

Published
2023-11-20
How to Cite
EvitaN. (2023). GENERASI Z DALAM PEMILU: POLA BERMEDIA GENERASI Z DALAM PENCARIAN INFORMASI POLITIK. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 5(1), 47-66. https://doi.org/10.46874/tkp.v5i1.1051