Kajian Kepemiluan menjadi hal yang mutlak diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola pemilu di Indonesia, mungkin banyak yang tidak tahu, selain kajian yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga, Lembaga Swadaya Masyarakat atau Pegiat Pemilu, Komisi Pemilihan Umum juga melakukan kajian dalam bentuk Riset Kepemiluan yang digunakan sebagai evaluasi penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan serta sebagai masukan perbaikan kebijakan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan.

Publikasi Hasil Riset dalam laman ini merupakan salah satu upaya Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk mendesiminasikan informasi pelaksanaan Riset dalam rangka Penelitian dan Pengembangan Kepemiluan dan Organisasi Penyelenggara Pemilu di Indonesia.

Selamat Membaca....

 

Announcements

Edaran Instrumen Monitoring Riset

2019-10-13

Surat Edaran dapat diunduh disini

Lampiran Edaran dalam versi ms word dapat diunduh disini

Menyusuli Surat Ketua KPU Nomor 1076/RT.05-SD/01/KPU/VII/2019, Tanggal 30 Juli 2019, perihal Pedoman Riset Kepemiluan Tahun 2019 yang dilaksanakan di 17 (tujuh belas) KPU Provinsi, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. KPU Provinsi yang melaksanakan Riset Kepemiluan tahun 2019 wajib melaporkan perkembangan pelaksanaan Riset dengan mengisi Instrumen Monitoring Riset Kepemiluan Tahun 2019 (terlampir);
  2. Instrumen Monitoring Riset Kepemiluan disampaikan kepada Ketua KPU RI dalam bentuk hard copy dan soft copy melalui alamat email: litbang.organisasi@kpu.go.id, paling lambat tanggal 18 Oktober 2019.
Read more about Edaran Instrumen Monitoring Riset

Current Issue

2019: EVALUASI PEMILU SERENTAK 2019 BIDANG EVALUASI ASPEK HUKUM PEMILU

Kumpulan Artikel ini membahas "Evaluasi Aspek Hukum Pemilu". Pada pemilu serentak 2019 yang menggabungkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden telah selesai dilaksanakan. Tentunya perlu adanya evaluasi untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan terkait pelaksanaannya. Oleh karena itu, KPU RI mengundang seluruh masyarakat luas dari berbagai kalangan untuk terlibat dalam evaluasi pemilu 2019 melalui call for paper.

Published: 2020-03-17

Articles

View All Issues