STRATEGI MARKETING POLITIK PASANGAN ASYIK PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA BARAT TAHUN 2018 DI KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini terarah dan terfokus pada bagaimana strategi segmenting, targeting dan positioning yang dilakukan oleh pasangan ASYIK pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2018 di Kabupaten Bogor. Secara garis besar penelitian ini membuktikan bahwa menangnya pasangan ASYIK salah satunya disebabkan oleh mesin partai pengusung yang bekerja dengan maksimal dan sistematis, melalui sistem strategi berbasis komando, mampu membuat nama pasangan ini menjadi dikenal di masyarakat Kabupaten Bogor. Dalam perspektif marketing politik dengan menggunakan strategi segmenting-targeting, dan positioning, ditemukan bahwa segmentasi dengan menggunakan pendekatan agama yang berujung pada penggunaan politik identitas, merupakan strategi yang sangat ampuh dalam menaikkan elektabilitas pasangan ASYIK pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018.